selamat hari pahlawan

Hari Pahlawan

Hari ini adalah hari Jumat,10 November 2017 dan juga bertepatan dengan hari pahlawan. Pada hari ini seluruh rakyat Indonesia sama-sama merayakan hari pahlawan dengan berbagai cara. Rata-rata warga Indonesia melakukan upacara bendera. Tapi apakah semua warga tahu apa asal-usulnya hari pahlawan ini ?. Hampir semua orang hanya ikur-ikutan saja melakukan upacara atau juga mereka yang sekolahnya yang melaksanakannya secara rutin. Sebenarnya tujuan diadakannya hari pahlawan adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang terutama pahlawan pada Pertempuran Surabaya. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah.
Kronologi peristiwanya
Kedatangan Tentara Inggris & Belanda

 Ketika gerakan untuk melucuti pasukan Jepang sedang berkobar, tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945. Tentara Inggris datang ke Indonesia tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan perang yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Namun selain itu tentara Inggris yang datang juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada administrasi pemerintahan Belanda sebagai negeri jajahan Hindia Belanda. Hal ini memicu gejolak rakyat Indonesia dan memunculkan pergerakan perlawanan rakyat Indonesia di mana-mana melawan tentara AFNEI dan pemerintahan NICA. Hingga terjadi Insiden di Hotel Yamato, Tunjungan, Surabaya  dan juga terjadi insiden Kematian Brigadir Jenderal Mallaby.


Itulah susunan kronologi sebelum terjadinya peristiwa hari pahlawan. Dan juga selain Bung Tomo terdapat pula tokoh-tokoh berpengaruh lain dalam menggerakkan rakyat Surabaya pada masa itu, beberapa datang dari latar belakang agama seperti KH. Hasyim Asy'ariKH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya juga mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat sipil sebagai milisi perlawan. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran ini mencapai waktu sekitar tiga minggu. Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk melakukan perlawanan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesiahingga sekarang.
Nah,apakah kalian sekarang sudah menerti asal-usul terjadinya peristiwa 10 November?. Maka dari itu kita harus selalu mengenang semua jasa-jasa para pahlawan kita. Karena pahlawan harus rela menyerahkan seluruh jiwa dan raganya untuk memenangkan Negara kita yaitu Negara Indonesia. Mungkin kita juga bisa menirukan sikap-sikap yang baiknya seperti, pantang menyerah,rela berkorban,saling menghargai, dan masih banyak lagi. Salam dari kami generasi penerus bangsa terima kasih untuk tujuh puluh dua tahunnya pahlawanku dan salam untuk Indonesiaku tercinta.
“MERDEKA ATAU MATI !”
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . .. . . .. . . .
SELAMA BANTENG- BANTENG INDONESIA MASIH MEMPUNYAI DARAH MERAH YANG DAPAT MEMBIKIN SECARIK KAIN PUTIH MERAH DAN PUTIH
MAKA SELAMA ITU TIDAK AKAN KITA AKAN MAU MENYERAH KEPADA SIAPAPUN JUGA.
-id.sejarah.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

liburan ku

Liburan sekolah 2019